Undang-Undang Guru dan Dosen

Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru. Beberapa istilah yang juga menggambarkan peran guru, antara lain 1) Dosen; 2) mentor; 3) Tentor; 4) Tutor. Terlepas dari predikat tersebut, sejatinya guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa.

Dalam dunia pendidikan keberadaan guru sangat diperlukan bagi pendidikan baik jalur formal, informal, maupun non formal. Oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi yang memadai, tidak saja kemampuan dalam bidang yang diajarkannya saja, namun lebih dari itu guru hendaknya mampu memiliki sikap untuk mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.

Hal ini senanda dengan arah pembangunan nasional dalam bidang pendidikan yang berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, asil, makmur, dan beradab berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Berdasarkan arah pembangunan nasional dalam bidang pendidikan, maka untuk menjamin perluasan dan pemerataan akses, peningkatan mutu dan relevansi, serta tata pemerintahan yang baik dan akuntabilitas pendidikan yang mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global perlu dilakukan pemberdayaan dan peningkatan mutu guru dan dosen secara terencana, terarah dan berkesinambungan.

Guru dan dosen mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional dalam bisang pendidikan, sehingga perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Oleh karena itu perlu dibentuk Undang-Undang tentang Guru dan Dosen.

Silakan download Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005

download

Posted on December 7, 2011, in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: