Jejak Emas Brian Tracy – Bagian 2

Sebelumnya kita sudah membahas tentang impian besar dan tujuan yang jelas guna meraih sukses di segala bidang kehidupan. Kini, kita akan mengupas Jejak Emas Brian Tracy yang kedua.

2. Menjadi Bos atas Diri Sendiri

Sering kali kita membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas persoalan, kesalahan, atau kekurangan kita. Sering kali pula kita mengeluhkan hal-hal dalam hidup kita yang tidak kita sukai. Namun, sesungguhnya hidup kita adalah tanggung jawab kita sendiri. Kalau ada sesuatu dalam hidup kita yang tidak kita sukai, menjadi tanggung jawab kitalah untuk mengubahnya.

Menurut Brian Tracy, ada satu kesalahan terbesar yang pernah kita buat. Kita sering berpikir bahwa kita bekerja untuk orang lain, bukan untuk diri sendiri. Namun sebenarnya, kita selalu bekerja untuk diri sendiri. Kita selalu menjadi presiden perusahaan jasa pribadi milik kita sendiri, tak peduli di mana pun kita sedang bekerja saat ini.

Dengan melihat diri kita sendiri sebagai orang yang bekerja sendiri, maka kita mengembangkan mentalitas wirausahawan, mentalitas dari orang yang sangat bebas, bertanggung jawab terhadap diri sendiri, individu yang dapat memulai sendiri. Bukan menunggu sesuatu terjadi, tetapi kita membuat sesuatu terjadi. Inilah “pola pikir jutawan”.

Orang yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri sangat berorientasi pada hasil. Mereka selalu mengambil inisiatif tingkat tinggi. Mereka menawarkan diri untuk mengerjakan tugas dan selalu meminta lebih banyak tanggung jawab. Hasilnya, mereka menjadi orang yang berharga dan dihormati di organisasinya. Mereka terus-menerus mempersiapkan diri untuk posisi dengan wewenang dan tanggung jawab yang lebih tinggi di masa mendatang. Itulah yang seharusnya kita lakukan.

Karena kita adalah penanggung jawab atas hidup kita sendiri, alangkah baiknya jika kita menjalani dan mengisi kehidupan kita ini dengan sesuatu yang kita senangi. Kebanyakan orang sukses telah menemukan sebuah bidang di mana kekuatan dan kemampuan alamiah mereka cocok dengan apa yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang mereka geluti dan mencapai hasil yang diinginkan.

Maka itulah, temukan apa yang benar-benar kita nikmati ketika melakukannya, apa bakat alamiah kita, dan kemudian curahkanlah seluruh hati kita untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Memiliki mimpi besar disertai dengan tujuan yang jelas, sekaligus dilengkapi dengan sikap yang bertanggung jawab terhadap hidup kita sendiri, sudah pasti membuat kita semakin dekat dengan kesuksesan yang kita dambakan.

Apa “senjata” berikutnya yang perlu kita miliki untuk mengejar keberhasilan? Pastikan mengikuti jejak emas Brian Tracy selanjutnya.

Sumber : http://m.andriewongso.com

Posted on December 19, 2011, in Miscellaneous and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: