MEMPERCEPAT STARTUP WINDOWS 7

MEMPERCEPAT STARTUP WINDOWS 7

Sebagian besar pengguna komputer mungkin pernah mengalami proses Startup Windows yang memakan waktu terlalu lama, tidak secepat ketika pertama kali Windows diinstal. Hal tersebut disebabkan oleh terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan pada saat Startup Windows. Bayangkan jika kita menginstal lebih dari 10 aplikasi dan semuanya dijalankan pada saat Startup Windows, pasti computer akan menjadi sangat lambat. Tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi tersebut akan terus berjalan di background dan menguras banyak memori. Hal tersebut menyebabkan aplikasi-aplikasi yang kita jalankan secara bersamaan terasa sangat lambat.

Sebenarnya tidak semua aplikasi yang berjalan pada Startup Windows yang kemudian juga berjalan di background kita butuhkan. Oleh karena itu, kita bias menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan dengan menggunakan sebuah tool yang bernama System Configuration.

 Untuk membuka System Configuration, dari Start pada Search Program and Files ketikkan MSCONFIG, kemudian tekan Enter.

 

Selanjutnya pilih tab Startup, sehingga muncul kotak configurasi seperti di gambar di bawah ini.

Masalnya, tidak banyak pengguna yang awam di bidang computer tahu persis aplikasi mana yang harus dijalankan dan aplikasi mana tidak perlu dijalankan pada saat Startup Windows. Adapun beberapa contoh aplikasi yang tidak perlu dijalankan pada saat Startup windows adalah Yahoo Messenger, Winamp, Windows Live Messenger, dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa kita jalankan ketika kita ingin menggunakannya saja.

 Contoh aplikasi-aplikasi yang perlu dijalankan pada saat Startup Windows antara lain antivirus, anti spyware, firewall, dan sebagainya. Selain itu juga aplikasi untuk pinting driver, biasanya aplikasi ini berhubungan dengan hardware sehingga apabila aplikasi tersebut tidak dijalankan saat Startup Windows maka hardware tidak akan berfungsi, misalnya Sound, Touchpad dan lain-lain. Setelah dilakukan pengecekan mana yang perlu dijalankan maupun yang tidak perlu dijalankan pada Startup Windows, Anda harus memilih Apply dan  OK  kemudian  restart komputer Anda untuk memberlakukan pengaturan yang telah dilakukan.

 Setiap orang memiliki pertimbangan yang berbeda dalam menentukan aplikasi yang akan dijalankan ketika melakukan Startup, tergantung kebutuhan masing-masing. Anda bias mencoba dengan memilih atau mengosongi beberapa item pada Startup dan lihat pengaruhnya. Jangan takut untuk mencoba karena jika terjadi perubahan yang tidak Anda inginkan, maka Anda bias mengembalikannya ke posisi semula dengan menggunakan System Restore.

 **Selamat Mencoba **

Referensi :

Susilo, Andik. 2010. Windows 7 Missing Triks-Mengungkap Trik-trik yang Tidak Biasanya Dilakukan, Langsung dari Ahlinya. Yogyakarta: Andi

 

Posted on September 28, 2012, in Komputer and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: