Anggaran

Anggaran merupakan suatu rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan untuk periode tertentu di masa yang akan datang. Anggaran sering pula disebut rencana keuangan. Di dalam anggaran, satuan kegiatan dan satuan keuangan menempati posisi penting karena segala kegiatan akan dikuantiBidang Spesialisasi Akuntansifikasikan dalam bentuk uang.
Manfaat anggaran bagi perusahaan antara lain : adanya perencanaan perusahaan yang terpadu, sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan, alat koordinasi kerja, alat pengawasan kerja dan alat evaluasi kegiatan perusahaan. Dengan manfaat itu, anggaran diharapkan dapat membantu manajemen dalam melaksanakan dan mengendalikan operasional perusahaan.
Tetapi, agar kegunaannya optimal, penyusunan anggaran hendaknya realistis, luwes dan diberi perhatian yang kontinyu. Penjelasan singkat mengenai anggaran yang umum terdapat dalam suatu perusahaan industri adalah :

a.   Anggaran Produksi
Merupakan perencanaan rinci mengenai jumlah unit produk yang akan diproduksi selama periode mendatang, meliputi rencana mengenai jenis (kualitas), jumlah (kuantitas), kapan (waktu) produksi dilaksanakan.
b.  Anggaran Bahan Baku
Merupakan perencanaan rinci mengenai kebutuhan dan penggunaan bahan baku langsung. Bahan baku tidak langsung akan dimasukkan pada Anggaran Biaya Overhead Pabrik.
c.    Anggaran Tenaga Kerja
Tenaga kerja dibagi dua. Pertama, tenaga kerja langsung, yaitu tenaga kerja yang secara langsung berperan dalam proses produksi dan kedua, tenaga kerja tidak langsung yaitu tenaga kerja yang secara tidak langsung berperan dalam proses produksi. Untuk yang kedua, biayanya dikaitkan dengan biaya overhead pabrik.
Anggaran tenaga kerja adalah perencanaan rinci mengenai upah yang akan dibayarkan kepada tenaga kerja langsung untuk periode yang akan datang. Anggaran tenaga kerja meliputi rencana jumlah waktu, tarif upah dan waktu pelaksanaan.
d.    Anggaran Biaya overhead Pabrik (BOP)
Biaya overhead pabrik merupakan biaya-biaya dalam pabrik yang dikeluarkan sehubungan dengan proses produksi, kecuali biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
Anggaran biaya overhead pabrik merupakan perencanaan rinci mengenai biaya-biaya tak langsung yang dikeluarkan sehubungan dengan proses produksi selama periode yang akan datang, meliputi jenis biaya, waktu, serta tempat di mana biaya tersebut terjadi.
e.    Anggaran Variabel
Pembiayaan perusahaan dikelompokkan atas biaya tetap, biaya variabel dan semi variabel. dengan menyusun anggaran variabel diharapkan dapat diidentifikasikan sejauh mana masing-masing biaya akan dipengaruhi oleh aktivitas atau kegiatan perusahaan.
Anggaran variabel diutamakan untuk merencanakan biaya-biaya tak langsung. Karena tidak berhubungan langsung dengan aktivitas perusahaan, maka aktivitas perusahaan tidak akan secara langsung mempengaruhi besar kecilnya biaya tersebut.
Karena itu, anggaran variabel merupakan perencanaan mengenai skedul biaya yang menunjukkan bagaimana tiap-tiap biaya akan berubah sehubungan dengan perubahan tingkat kegiatan untuk waktu tertentu di masa yang akan datang.
f.    Anggaran Modal
Anggaran modal atau anggaran aktiva tetap berhubungan dengan keseluruhan proses perencanaan dan pengambilan keputusan mengenai pengeluaran dana jangka waktu pengembaliannya lebih dari satu tahun. Contoh; pengeluaran investasi untuk bahan, mesin, bangunan dan sebagainya.
g.    Anggaran Piutang
Pituang perusahaan dapat timbul karena transaksi penjualan produk yang dihasilkan perusahaan atau penjualan aktiva-aktiva secara kredit. Anggaran piutang merencanakan jumlah piutang perusahaan beserta perubahan-perubahannya dari tahun ke tahun dalam suatu periode di masa yang akan datang.
h.    Anggaran Kas
Anggaran kas menunjukkan rencana sumber dan pengeluaran kas selama tahun anggaran terdiri dari rencana penerimaan dan pengeluaran kas.

Referensi :
Umar, Husein. 2000. Business An Introduction. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

About Semaradana

Hidup ini laksana air yang mengalir ke samudra yang luas

Posted on December 3, 2013, in Miscellaneous and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: