GOALS DALAM HIDUP KITA

Apakah sebagian besar orang memiliki goals dalam hidupnya ? Rasanya tidak. Banyak orang yang pasrah dan menjalani hidup tanpa arah dan tujuan yang jelas, terombang-ambing oleh tujuan yang jelas. Akan tetapi, banyak pula yang merasa memiliki tujuan dalam hidupnya. Namun tujuan hidup ini lebih merupakan mimpi-mimpi yang tidak jelas ujung pangkalnya dan tidak spesifik, tidak ada jangka waktu, tidak dapat diukur dengan parameter yang jelas, sehingga tidak menjadi dorongan yang kuat untuk direalisasikan.

image

Apakah goals penting ? Saya yakin semua orang akan menjawabnya penting. Ironisnya, banyak orang yang merencanakan kegagalan dengan gagal melakukan perencanaan. Bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda telah memiliki goals dalam hidup ini ? Pertanyaan penting muncul kemudian, mengapa banyak orang tidak memiliki goals, sedangkan goals sangat penting.

Paling tidak ada lima alasan utama yang menyebabkan seseorang tidak memiliki goals diantaranya :

Pertama, alasan paling mudah yaitu orang tersebutntidak serius. Tidak akan ada perubahan yang berarti hingga Anda benar-benar serius dengan goals Anda dan berusaha secara total dalam mewujudkannya. Setiap saat dalam hidup Anda lalui dengan memikirkan bagaimana mewujudkan goals Anda. Ibaratnya, eat-sleep-and dream with your goals.

Kedua, mereka tidak mengerti tentang pentingnya goals. Diakui atau tidak, banyak diantara kita yang tidak menyadari betapa pentingnya goals dalam hidup. Mereka yang dibesarkan dalam lingkungan yang berbudaya goals, akan terbiasa melakukan aktifitasnya, begitu sebaliknya.
Manfaat langsung dengan adanya goals adalah :
(1)  Anda dapat mencapai hasil yang lebih baik.
(2)  Prestasi Anda akan meningkat sejalan dengan target yang Anda tentukan.
(3)  Motivasi Anda akan lebih besar karena Anda tahu apa yang Anda kerjakan.
(4)  Anda akan merasa lebih percaya diri.
(5)  Anda akan memiliki sikap yang lebih positif karena Anda tahu, Anda berjalan menuju kesuksesan.

Ketiga, mereka tidak tahu bagaimana cara menentukan goals. Salah satu tragedi besar dalam kurikulum pendidikan kita adalah bahwa kita menghabiskan tidak kurang dari 15 tahun untuk duduk di bangku sekolah tanpa pernah mendapatkan satu jam khusus yang membahas tentang goals. Bayangkan, jika sekolah-sekolah kita memberikan waktu khusus bagi siswa-siswa mereka untuk mewujudkannya, maka kelak bangsa kita akan terdiri atas generasi penerus yang tahu ke mana seharusnya arah perjalanan bangsa ini. Mereka akan bangkit menjadi pribadi-pribadi yang jauh lebih antusias dan bersemangat, mereka jauh lebih hidup dari pada sebelumnya, karena saat itu mereka sudah memiliki target hidup yang jelas, spesifik, menantang dan terarah untuk memperjuangkannya menjadi kenyataan.

Keempat, mereka takut akan cemoohan orang lain. Sesungguhnya, kebiasaan buruk lingkungan kita adalah melakikan kritik negatif kepada anak-anak kita, sehingga mereka tumbuh dalam keadaan miskin ide dan takut dicela oleh orang lain. Ketika anak-anak kita melakukan kegagalan, mereka lebih sering mendapatkan celaan ketimbang ajakan untuk mempelajari titik lemahnya. Dari sini mereka akan takut untuk menyatakan keinginan dan cita-citanya, waktu terus berjalan hingga mereka tumbuh dewasa dan mereka menjadi orang yang tidak pernah berani mengemukakan ide-idenya.

Kelima, alasan yang paling sering dimiliki oleh orang yang tidak memiliki goals adalah bahwa mereka takut akan kegagalan dan takut akan perubahan. Banyak orang yang sudah terlanjur kalah bahkan sebelum perang dimulai. Takut akan kegagalan merupakan salah satu sebab paling berbahaya dalam perjalanan menuju keberhasilan. Mungkin Anda tidak ingat bahwa kegagalan adalah pelajaran berharga untuk mencapai keberhasilan.

Sumber :

Darmadi Darmawangsa dan Imam Munadi. 2006. Fight Like A Tiger-Win Like A Champion.

About Semaradana

Hidup ini laksana air yang mengalir ke samudra yang luas

Posted on January 24, 2016, in Miscellaneous and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: