MILIUNER BAHAGIA

Sebuah lembaga penelitian di Amerika Serikat pernah meneliti orang-orang bahagia di sana. Penelitian berfokus pada para miliuner yang tidak pernah khawatir tentang kondisi ekonomi mereka. Sampel awalnya terdiri atas 200.000 miliuner. Tetapi ternyata dari mereka,  hanya 200 orang yang memilki kadar bahagia.

image

Mereka adalah orang kaya generasi pertama. Artinya, kekayaan mereka tidak berasal dari warisan orang tua, tetapi dengan modal nol alias dibangun dari jerih payah sendiri. Dari hasil penelitian tersebut, selain kaya raya, 200 pebisnis juga sangat menikmati hidup. Keluarga mereka pun berhasil dan sejahtera.

Para miliuner ini diwawancari satu per satu secara mendetail, lalu gaya hidup mereka dirangkum dan dibukukan oleh Thomas J. Stanley dengan judul The Millionaire Mind. Apa rahasia kesuksesan dan kebahagiaan hidup mereka ? Berikut ini beberapa kiat dari mereka yang patut kita jadikan contoh :

1. Memiliki Integritas
Jujur dalam berbicara dan tidak mengingkari janji

2. Disiplin
Tidak mudah terpengaruh dalam segala hal, termasuk dalam hal makanan. Mereka tidak sembarangan mengonsumsi makanan, dapat menahan nafsu, dan tidak serakah.

3. Mengembangkan keterampilan sosial
Pintar dalam bergaul sehingga memiliki pertemanan yang panjang, mempelajari kepemimpinan dan senantiasa mengembangkan diri.

4. Setia kepada pasangan dan didukung olehnya
Orang-orang kaya yang bahagia itu mempunyai prinsip menikah sekali seumur hidup. Mereka merawat kebahagiaan dalam berumah tangga dan memiliki anak-anak yang pendidikannya baik. Pasangan mereka selalu mendukung dalam keadaan apapun dan terbuka, karena menurut mereka, integritas mulainya dari dalam rumah. Kalau suami/istri tidak dapat dipercaya di rumah, demikian juga ketika berada di luar.

5. Hemat
Orang-orang kaya itu ternyata hidupnya hemat. Mereka penuh pertimbangan dalam memanfaatkan uang. Standar pengeluaran jauh di bawah penghasilan mereka. Umpamanya pendapatan mereka Rp 15 juta/bulan, yang dipakai hanya seperempatnya. Mereka tidak diperbudak mode kendati cukup modis dan tidak kuno. Mereka tahu dimana membeli barang bagus, tetapi murah. Mereka juga bisa disebut miliuner zuhud karena tak memaksakan kehendak kepada Tuhan. Berapa pun aset yang Tuhan berikan, mereka akan bersyukur. Selain itu mereka juga anti-utang.

6. Bersandar kepada Tuhan
Di Amerika Serikat telah beberapa kali terjadi resesi ekonomi, tetapi orang-orang kaya ini tidak menjadi depresi. Jika ditanya apa kuncinya, jawaban mereka adalah : “Kami mampu mengatasi kegelisahan karena doa dan terus memohon kepada Tuhan karena kami punya Tuhan.

7. Pola Pikir yang Berbeda
Cara berpikir mereka berbeda di segala segi dengan orang-orang kebanyakan. Contonnya, jika mereka pergi ke mal, pandangan mereka tidak semata-mata tertuju pada batang-barang yang menarik untuk di beli, tetapi mrlihat bisnis apa yang sedang laku di mal. Mereka berpikir dengan cara yang berbeda dari kebanyakan karena mereka adalah man of production,bukan man of consumption.

Betapa pun padatnya aktivitas kesrharian mereka, mereka selalu meluangkan waktu untuk :

1. OLAHRAGA
Melakukan olahraga agar bisa meningkatkan semangat berjuang dan agar bisa bersikap sportif, yaitu menerima kenyataan, tetapi dengan semangat untuk memperbaiki dan menang.

2. INVESTASI
Selalu berpikir untuk melakukan investasi atau mengembangkan bisnis.

3. DOA
Banyak waktu berdoa, mencari berkah dari (Tuhan, dan belajar dari firman-Nya. Ini telah menjadi gaya hidup mereka. Mereka kerap memohon petunjuk dari Tuhan dalam mengambil keputusan bisnis.

4. MEMBINA HUBUNGAN
Membina hubungan dengan banyak teman/relasi.

Sumber :
Iskandar, Eddy. 2010. The Miracle of Touch.

About Semaradana

Hidup ini laksana air yang mengalir ke samudra yang luas

Posted on February 8, 2016, in Miscellaneous and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: